Dapat uang melalui internet

Kamis, 14 Maret 2013

Organisasi Itu Perlu Untuk Siapa

Oraganisasi Itu Perlu Untuk Siapa
Secara umum, organisasi dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang terdiri dari sekelompok individu yang melalui suatu hierarki sistematis dalam pembagian kerja dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara structural dan sistematis. Beradasarkan definisi tersebut,organisasi memiliki beberapa batasab-batasan yang dapat di gambarkan dalam sebuah organisasi.

Syarat-syarat tertentu yang harus terpenuhi dalam sebuah organisasi:

a).Adanya struktur atau jenjang jabatan, kedudukan yang memungkinkan semua individu dalam organisasi memiliki perbedaan posisi yang jelas seperti pimpinan,staf pimpinan dan karyawan.

b) Dalam sebuah organisasi ada pembagian kerja. Artinya setiap individu dalam institusi,baik yang sifatnya komersial maupun social memiliki satu bidang pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

Secara umum, organisasi juga dapat diartikan sebagai wadah tempat orang-orang berkumpul,bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali. Dalam hal memanfaatkan sumber daya materi maupun non materi sarana dan prasarana, dan data yang digunakan secara efisien serta efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

DEFINISI ORGANISASI MENURUT AHLI
Menurut beberapa ahli, organisasi dipengaruhi oleh berbagai aspek:

1. Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan orang-orang yang ada dibawah pengawasan dan pengarahan atasan untuk mengejar tujuan bersama.

2. Menurut Stephen P. Robbins, organisasi merupakan kesatuan social yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relative dapat diidentifikasi dan bekerja atas dasar yang relative terus=menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Jadi, dalam sebuah organisasi, terdapat beberapa pola hubungan antar individu yang memiliki tanggung jawab masing-masing dalam mewujudkan tujuan organisasi. Dengan demikian,pola hubungan ini membentuk suatu budaya organisasi, komitmen organisasi, serta perilaku organisasi yang dapat dilihat dan dikaji.


BUDAYA ORGANISASI

Budaya organisasi ditandai dengan adanya sharing atau berbagi nilai dan keyakinan yang sama dengan seluruh anggota organisasi. Sharing inilah yang dapat mempengaruhi prilaku orang-orang dalam sebuah organisasi. Prilaku organisasi sendiri merupakan seperangkat tindakan yang ada dalam sebuah organisasi.

Perilaku organisasi melihat bagaimana tingkat individu, tingkat kelompok, serta kinerja baik secara individu, kelompok maupun organisasi itu untuk berinteraksi satu sama lain. Perilaku organisasi berusaha untuk mengontrol, memprediksi, dan menjelaskan pembagian tugas dan tanggung jawab para anggota dalam sebuah organisasi.

Pengorganisasian merupakan suatu bentuk dari pengaturan suatu organisasi yang dilaksanakan oleh para anggotanya untuk mencapai maksud dan tujuan kelompok atau organisasi tersebut. Berbicara tentang pergerakan pada organisasi pemuda maka tentu dirasakan efek atas apa terjadi pada pergerakan organisasi pemuda dan mahasiswa yang terjadi sejak dulu. Dan dapat kita rasakan hasilnya pada saat ini. Di Indonesia adalah kegiatan kemahasiswaan yang ada di dalam maupun di luar perguruan tinggi yang dilakukan untuk meningkatkan kecakapan, intelektualitas dan kemampuan kepemimpinan para aktivis yang terlibat di dalamnya.

Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, gerakan mahasiswa seringkali menjadi cikal bakal perjuangan nasional, seperti yang tampak dalam lembaran sejarah bangsa. Misalanyha saja pergerakan budi utomo merupakan wadah perjuangan yang pertama kali memiliki struktur pengorganisasian modern. Didirikan di Jakarta, oleh pemuda-pelajar-mahasiswa dari lembaga pendidikan Stovia, wadah ini merupakan refleksi sikap kritis dan keresahan intelektual terlepas dari primordialisme Jawa yang ditampilkannya.. Oragisasi pemuda dan mahasiswa tersebut

merupakan cikal dari perjuangan nasional yang menghasilkan kebebasan bangsa Indonesia.

Contoh lain yang lebih dekat adalah zaman reformasi yang kita rasakan saat ini.Dizaman orde lama yang telah berjalan turun temurun beberapa dekade telah tumbang menjadi era reformasi dimana tiap-tiap individu lebih bebas menyampaikan hak-hak dan aspirasinya kepada pemerintah.

Beberapa contoh tersebut dapat kita lihat bahwa pantingnya penerapan pada organisasi pemuda dan mahasiswa karena merupakan suatu kekuatan besar dalam perubahan suatu era kehidupan.

Pengorganisasian mahasiswa juga sangatlah penting dalam suatu kegiatan organisasi karena pengorganisasian mahasiswa berguna untuk memantau jalanya kehidupan berpolitik, selain itu juga berguna untuk kehidupan bermasyarakat dan Lingkungannya.

Di setiap sekolah atau kampus biasanya ada sederet daftar kegiatan tambahan ekstrakuriluler atau yang disingkat dengan sebutan ekskul yang diizinkan sekolah dengan siswa sekolah atau mahasiswa perguruan tinggi tersebut sebagai anggotanya.

Manfaat, fungsi dan tujuan diadakannya kegiatan ekskul baik di sekolah maupun di kampus adalah sebagai wadah penyaluran hobi, minat dan bakat para siswa / mahasiswa secara positif yang dapat mengasah kemampuan, daya kreativitas, jiwa sportivitas, meningkatkan rasa percaya diri, dan lain sebagainya.

Akan lebih baik lagi apabila mampu memberikan prestasi yang gemilang di luar sekolah sehingga dapat mengharumkan nama sekolah atau kampus kita. Walaupun secara akademis nilai dari ekstrakurikuler tidak masuk secara langsung ke nilai rapot, namun kegunaannya jauh lebih bermanfaat daripada tidak melakukan banyak hal di luar jam belajar.

Berikut ini adalah nama-nama ekskul yang umumnya ada di institusi pendidikan formal, yaitu :

a). Ekstrakurikuler / Ekskul Olahraga:

    Sepak Bola
    Bola Basket
    Bola Volli
    Futsal
    Tenis Meja
    Bulutangkis
    Renang
    Billyard
    Bridge
    Fitnes

b). Ekstrakurikuler / Ekskul Seni Beladiri :

    Karate
    Silat
    Tae Kwon D
    Gulat
    Tarung Drajat
    Kempo
    Wushu
    Capoeir
    Tinju
    Merpati Putih

c). Ekstrakurikuler / Ekskul Seni Musik

    Band
    Paduan Suara
    Orkestra
    Drumband / Marchingband
    Akapela
    Angklung
    Nasyi
    Qosida
    Karawitan

d). Ekstrakurikuler / Ekskul Seni Tari Dan Peran

    Cheerleader
    Modern Dance / Tari Modern
    Tarian Tradisional
    Teater

e). Ekstrakurikuler / Ekskul Seni Media

    Jurnalistik
    Majalah Dinding / Mading
    Redio Komunikasi
    Fotografi
    Sinematrografi

f). Ekstrakurikuler / Ekskul Lainnya

    Komputer
    Otomotif / Bengkel
    Palang Merah Remaja / PMR
    Pramuka
    Karya Ilmiah Remaja / KIR
    Pecinta Alam
    Bahasa
    Paskibra / Pasukan Pengibar Bendera
    Kerohanian (Rohis, Rohkris, dll)
    Klub Bikers
    Wirausaha
    Koperasi Siswa / Kopsis
    Video Game, dll.

Mungkin tidak semua ektrakulikuler yang ada tercantum di atas. Jika sekolah atau kampus anda belum ada ekskul yang diinginkan, anda mungkin bisa mendirikan ekskul tersebut dengan atas persetujuan pihak sekolah atau kampus anda.

 Organisasi dimasyarakat lingkungan seperti organisasi dalam aktifitas olah raga yaitu:

● Bola Volli

● Badminton

● Bola Basket

● Tenis Lantai.

Kemudian saya masuk di BEC (Basic English Course), jadwal semakin padat bahkan mengalahkan jadwal yang ada di universitas, bahkan ada yang namanya kelas subuh jam 5 pagi. Dalam sehari saya masuk kelas 5 kali dimana ada yang namanya hafalan tapi saya merasakan nyaman dan bisa menikmatinya.saya juga mengikuti organisasi seperti:

● Rebana

● Kasidah

● Teater dll.

Dan sekarang semenjak saya mengambil kuliah di Universitas Gunadarma di salemba, Jujur saja saya sangat sulit untuk mengikuti organisasi karena keterbatasan waktu luang. Jadwal kuliah yang padat dan tugas yang menumpuk, belum lagi halnya keterbatasan materi dan perjalanan ke daerah depok yang memakan waktu karena semua organisasi mahasiswa pusatnya berada disana, Jadi tidak mungkin ke cabang kampus. Oleh sebab itulah saya tidak mengikuti organisasi mahasiswa di kampus Gunadarma karena waktu tidak ada sama sekali.


PENGARUH ORGANISASI DALAM KEHIUPAN KITA

Dalam berorganisasi kita akan terasah dan terlatih dalam suatu kebersamaan dengan orang lain, baik suka maupun duka. Di suatu organisasi itulah tercampur secara alamiah berbagai perilaku dan sifat masing-masing anggota. Ada yang egois, namun ada juga yang sosial. Ada yang pendiam, tapi ada pula yang cerewetnya minta ampun. Dan dalam kebersamaan di organisasi itulah, akan terbentuk secara alami manusia yang sempurna dalam arti psikologis. Yakni, manusia yang mampu kapan saatnya menempatkan posisi dirinya sebagai individu dan kapan pula dia harus lebih mementingkan kepentingan organisasi demi kepentingan bersama pula.

Mahasiswa atau mahasiswi merupakan sebutan seseorang ketika dia menginjak bangku kuliah. Mahasiswa tidak lepas dari kampus, kost, kuliah, dan organisasi. Nah aku jelasin dikit ke-4 keterangan diatas :

Kampus : Tempat mahasiswa menuntu ilmu sesuai dengan jurusannya

Kost : Tempat hidup sementara bagi mahasiswa yang kuliah di luar daerah

Kuliah : Kegiatan belajar bersama dosen di kampus

Organisasi : Perkumpulan dari beberapa mahasiswa yang memiliki visi dan misi tertentu.

Nah sesuai judul saja, yang akan di bahas sekarang adalah tentang organisasi dan kuliah yang dijalani oleh mahasiswa. Tiap jurusan di seluruh universitas di Indonesia pasti ada yang namanya Organisasi Kampus ( baik Keluarga Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa, atau yang lainnya ).

Apa jadinya apabila seorang mahasiswa mengikuti organisasi, apakah nilai-nilai kuliahnya terabaikan? atau malah menjadi motivasi untuk meningkatkan nilai-nilai kuliah? Semua itu sebenarnya tergantung dari mahasiswa yang menjalaninya sendiri.

Berikut adalah beberapa keuntungan mengikut suatu organisasi kampus bagi mahasiswa :

1. Banyak teman yang bisa membantu kita baik dalam kehidupan pribadi maupun tentang masalah di kampus (kuliah, praktikum, laporan, dll).

2. Belajar menjadi seorang pemimpin. Dalam organisasi baik dalam posisi apapun kita bisa mengambil pelajaran tentang kepemimpinan yang dapat digunakan dalam bekerja <– soft skill.

3. Banyak acara yang bisa diikuti. BEM / KM / HM / lainnya pasti akan mengadakan acara yang berkaitan dengan kampus, berupa seminar, pelatihan, lomba dan yang lainnya. Kita bisa mengikuti acara tersebut dengan gratis walaupun sebagai panitia. Dan pasti akan banyak undangan dari Organisasi lain atau bahkan Universitas lain untuk menghadiri acara tertentu, yang pastinya gratis.

4. Sering makan – makan dan kumpul bersama teman – teman. Yang satu ini tidak perlu ditanyakan lagi coz tiap ada acara pasti akan ada pembubaran panitia.

5. Bisa nongkrong di sekre ketika pergantian waktu kuliah.

Selain keuntungan mengikuti organisasi, pasti ada kerugiannya. Nah disini akan dijelaskan beberapa kerugiannya :

1. Ketika ada rapat mendadak bisa mengganggu kegiatan pribadi kita, misal baru tidur, istirahat, dll.

2. Dalam mengadakan acara yang jelas capek dan menguras waktu kita.

3. Efek dari semua itu kita jadi kurang belajar dan yang pasti nilai bisa menurun

ada yang bisa menambahkan keuntungan dan kerugiannya?

SECARA GARIS BESAR

Secara tidak sadar, banyak orang yang mengesampingkan organisasi. Padahal dengan mengikuti organisasi, banyak hal yang bisa didapatkan dari organisasi. Meskipun pada saat mengikuti organisasi orang tersebut sering bersusah payah dan terkuras waktunya untuk organisasi.

Orang yang suka berorganisasi biasanya jarang memanfaatkan waktunya untuk bersantai dan melakukan hal yang tidak berguna. Karena daripada Dia hanya berdiam diri dan melakukan hal yang kurang berguna, Dia memilih untuk berbuat sesuatu yang bisa berguna bagi orang lain. Entah itu dengan mencari informasi tentang apapun yang bisa digunakan untuk mengembangkan organisasinya.

Banyak juga yang beranggapan bahwa organisasi itu membuat orang capek, membuang waktu saja, melakukan hal yang sia-sia, dan tidak bermanfaat. Persepsi itu adalah persepsi yang tidak benar. Karena dengan mengikuti organisasi berarti sama juga dengan belajar.

Jadi, jika belum pernah mengikuti organisasi sama sekali, lebih baik segera mengikuti organisasi dengan tujuan yang pertama adalah belajar. Meski beberapa orang memiliki keinginan yang berbeda dalam masuk organisasi. Entah itu karena ingin memperoleh mengikuti organisasi, antara lain : jabatan, untuk mencari pacar atau calon pendamping hidup atau hanya untuk iseng-iseng semata. Padahal, dengan mengikuti organisasi banyak keuntungan yang bisa didapatkan dalam.


1.Bisa belajar gratis

Maksudnya belajar gratis ialah bisa berbagi pengalaman antara anggota atau orang yang juga berada dalam satu organisasi tersebut atau belajar dari orang yang berasal dari organisasi lain. Karena belajar tidak hanya di sekolah saja, belajar bisa dilakukan di manapun kita berada.


2.Mendapatkan banyak teman

Orang yang awalnya memiliki teman sedikit, bisa memiliki teman yang banyak karena mengikuti organisasi. Otomatis, bisa saling kenal dengan teman lain yang ada di dalam organisasi tersebut.


3.Mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat

Awal yang baik adalah dengan mengikuti organisasi. Banyak ilmu yang bermanfaat bisa didapatkan dari ketua, sekretaris, bendahara dan anggota lain yang memiliki potensi yang berbeda.

4.Lebih banyak pengalaman

. Banyak pengalaman bisa didapatkan dengan berbagai kegiatan yang ada dalm organisasi tersebut. Jika tidak mengikuti organisasi, berarti tidak melakukan kegiatan yang bisa menambah pengalaman

5.Menambah keterampilan dan mengasah keterampilan

Menambah keterampilan berarti jika kita memiliki keterampilan lain(misalnya membuat kue lapis), kemudian dengan mengikuti organisasi itu, bisa membuat ayam bakar dengan belajar dari orang yang mahir dalam membuat ayam bakar dalam suatu organisasi tersebut. Mengasah keterampilan berarti jika memiliki keterampilan membuat kue lapis tapi belum begitu sempurna, kemudian dengan megikuti organisasi itu bisa menyempurnakan kue lapis yang awalnya belum sempurna.

6.Membantu untuk bisa mendapatkan penghasilan (tambahan penghasilan)

Mendapatkan penghasilan di sini termasuk hal yang bonus atau hal yang tidak terduga untuk bisa didapatkan, karena mendapatkan penghasilan berarti orang tersebut memiliki usaha atau produk untuk bisa dipasarkan di organisasi tersebut. Misalnya saja, orang yang memiliki usaha atau keterampilan membuat kue molen, dengan adanya organisasi itu, maka kue molen itu bisa dijual di mana organisasi itu berada dengan meminta ijin kepada pihak yang berwenang. Bisa juga orang yang menjual pulsa, dengan mengikuti organisasi itu, ketika ada teman yang membutuhkan pulsa tidak perlu jauh-jauh ke tempat lain. Cukup bisa bilang kepada orang yang menjual pulsa dalam satu organisasi tersebut.

7.Mendapatkan bekal untuk menikah

Menikah tidak hanya pandai dan memiliki banyak uang atau harta. Tapi juga perlu adanya kebijaksanaan dalam mengambil keputusan yang sulit ketika ada masalah dalam keluarga. Jika tidak adil dan bijaksana, kemungkinan besar ada pihak anggota keluarga yang merasa tidak adil dan merasa iri tentang suatu keputusan dari masalah itu. Untuk itu, perlu adanya penyelesaian yang baik. Dengan mengikuti organisasi, beberapa hal bisa didapatkan misalnya ketika menyelesaikan masalah yang sangat mendesak dan harus segera diputuskan, karena dahulu pernah mengalami peristiwa yang hampir sama, maka dengan mudah masalah itu bisa diselesaikan.

Demikian beberapa keuntungan dan manfaat mengikuti organisasi. Semoga bisa membuat teman-teman atau pembaca tetap bersemangat untuk tetap mengikuti organisasi dan mengembangkan organisasi untuk bisa bermanfaat kepada orang lain.

Manfaat yang kita dapat dari mengikuti organisasi adalah:

1.Memdapatkan banyak pengalaman dari hal berkemah bersama,berbagi pengetahuan ,”suka n duka bersama”.

2.Melatih kemampuan dalam berorganisasi n menjadi pemimpin.

3.Bisa berbagi cerita dan curhat masalah pribadi.

4.Mempunyai banyak teman.

5.Mempunyai banyak koneksi dan banyak keahlian.

6.Terbantu dalam ujian karena mereka membuka peluang dalam mengadakan belajar

kelompok.

7.Dll.

ads

Ditulis Oleh : latoa.com Hari: 04.21 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Kategori

Postingan Populer

Komunitas Blogger Maros